Pengembang Aplikasi Android Beradu Karya

Pengguna Android di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan data dari Gfk Juli 2011, total pangsa pasar Android untuk smart handled dan tablet mencapai sekitar 179.000 unit per bulan atau seperempat dari total smartphone dan feature phone. Tren pasar Android juga meningkat dari 8 persen pada kuartal I menjadi 16 persen pada kuartal II-2011.

Perkembangan positif ini membuka kesempatan bagi para pengembang aplikasi Indonesia untuk dapat berkarya. Untuk itu, Acer menyelenggarakan Acer HackDay, sebuah even untuk para pengembang aplikasi guna menciptakan berbagai prototype yang mampu bekerja dengan baik dan berbasis sistem operasi Android Honeycomb.

“Acer berkomitmen mengembangkan komunitas kreatif dalam negeri dan membudayakan inovasi pada sektor ini,” ujar Country Manager, President Director PT Acer Indonesia, Jason Lim, di Jakarta, Jumat, 23 September 2011.

Andoid Honeycomb merupakan sebuah versi dari platform berbasis Android yang dioptimalkan untuk perangkat dengan layar yang lebih besar, terutama tablet. Android memperkenalkan tampilannya yang paling baru, dengan desain virtual ‘holographic’ yang juga elegan dan fokus pada interaksi konten. Sementara itu, Acer Iconia merupakan PC pertama yang mengadopsi sistem operasi ini.

Meski kompetisi lokal, hasil karya para peserta akan ditaruh di Android Market. “Karya mereka ditaruh di sana, jadi terserah di sana, bisa jadi digunakan luar negeri,” kata Head of Marketing Communications Acer Indonesia, Helmy Anam di sela kompetisi Acer Honeycomb.

Helmy menambahkan, tujuan kompetisi ini untuk mencari bakat baru dalam pengembangan aplikasi Android Honeycomb. Lantas, apakah tindak lanjutnya nanti?
Dia menekankan, fokusnya saat ini menumbuhkan potensi dulu, untuk selanjutnya, pihaknya belum berpikir sejauh itu. “Kami mau lihat ini dulu lah, kami tidak membatasi,” tambahnya.

Segmen yang dikompetisikan adalah segmen entertainment. Target Acer dari kompetisi ini adalah menghilangkan hambatan dalam penggunaan komputer atau PC, terlebih lagi saat momentum meledaknya sosial media.

Kompetisi ini diikuti oleh 20 peserta yang sebelumnya dikualifikasi lebih dari 100 calon peserta. Peserta diberi waktu 24 jam untuk menciptakan aplikasi yang paling terbaik. Program ini merupakan bagian dari tanggungjawab perusahaan Acer untuk memfasilitasi komunitas Pembayaran Online Indonesia. Sebelumnya, Acer sudah melakukan kompetisi teknologi untuk kalangan guru. (art)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar