Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), melalui anak usahanya Bank Sinar Harapan Bali, mengembangkan serta memantapkan praktik Branchless Banking dengan menjalin kerja sama dengan tiga provider telekomunikasi terbesar di Indonesia.

"Sebagai langkah langkah untuk memantapkan praktik Branchless Banking yang sebelumnya dilakukan dengan Axis, kami jajaki kerja sama dengan tiga provider telekomunikasi, namun kami masih diskusikan lebih lanjut," kata Assistant Vice President Electronic Banking Group Bank Mandiri Eril Firmansyah dalam media briefing IFIF 2013 di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, proses tersebut masih menunggu UU dalam Branchless Banking yang masih disiapkan Bank Indonesia (BI). Rencananya Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai Branchless Banking akan keluar Maret tahun ini.

"Jika aturan ini dilakukan akan berpengaruh terhadap perkembangan Branchless Banking Bank Mandiri. Dalam masa tunggu keluarnya peraturan tersebut, kami menyiapkan keamanan untuk pengembangan Branchless Banking tersebut," katanya.

Ia mengungkapkan jika aturannya sudah disiapkan maka Bank Mandiri akan melaksanakannya di komunitas-komunitas.

"Langkah pertama kali kami akan kembangkan komunitas-komunitas terdekat seperti lingkungan pabrik, yang terdahulu sudah ada di Bali," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam Branchless Banking dibagi menjadi dua, yaitu super agent (kantor yang berbadan hukum) dan sub agent (individu/perorangan).

"Kriteria mengenai hal tersebut seperti apa masih dalam pembahasan oleh BI. Namun, dari pandangan kami, untuk sub agent, agen itu harus dikenal masyarakat baik perorangan maupun perusahaan dan harus ada kesanggupan dia untuk memenuhi likuiditas yang cukup," ujar dia.

Ia mengatakan seseorang yang menjadi agen akan mendapatkan "fee" setiap ada transaksi. Besaran transaksi masih didiskusikan dengan Bank Indonesia.

"Selain itu, juga punya keuntungan lain kalau seorang agen punya toko maka akan meningkatkan pelanggan karena mereka akan berbelanja selain menarik duit. Dan uang tabungan nasabah bisa dikelola atau menjadi stok barang toko tersebut," kata dia.

Sebelumnya, Bank Mandiri sudah melakukan Pilot Project di Bali yang bekerjasama dengan Axis. Pilot Project dilakukan dengan melibatkan sebanyak 3.600 agen.

Kerjasama Bank Mandiri dengan Bank Sinar Harapan Bali dilakukan dengan meluncurkan pilot project branchless banking melalui tabungan Sinar Sip.

Hal tersebut merupakan kerja sama dengan IFC (International Finance Corporation) dan operator telekomunikasi Axis.

Namun, penerapan konsep ini masih belum sepenuhnya bisa dilakukan, karena belum diakuinya posisi agent banking oleh Bank Terbaik Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan jumlah nasabah tabungan "Sinar Sip" meningkat menjadi 2.500 nasabah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar